WHAT'S NEW?
Loading...

berkenalan dengan windows server 2012

Windows Server 2012 merupakan sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft setelah Windows Server 2008 dan Windows Server 2012. Seperti halnya Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012 hanya diproduksi dalam arsitektur 64-bit.
Windows Server 2012 terdiri dari 4 edisi, yaitu Windows Server 2012 Foundation, Windows Server 2012 Essential, Windows Server 2012 Standard dan Windows Server 2012 Datacenter. Perbedaan antara satu edisi dengan edisi lainnya terletak pada lisensi, fitur dan harga.
Saat menginstall Windows Server 2012, anda bisa memilih apakah menginstall menggunakan Graphical User Interface (GUI), atau Server Core. Server Core lebih baik dari sisi keamanan system (System Security), namun bagi anda yang baru mempelajari dan berkenalan dengan Windows Server, sebaiknya menginstall menggunakan GUI.
Salah satu kelebihan Windows Server 2012 dengan Windows Server versi sebelumnya adalah, anda dapat berpindah/switching dari Server Core ke GUI dan sebaliknya, dimana pada Windows Server versi sebelumnya anda harus menginstall ulang server jika ingin melakukan hal tersebut.
Sebagai sebuah server, Windows Server 2012 tentu saja harus dapat melakukan berbagai fungsi-fungsi atau task untuk melayani client. Fungsi-fungsi itu disebut dengan roles. Roles merupakan kombinasi dari beragam services yang dapat anda install dan jalankan menggunakan Server Manager ataupun Windows Powershell.
Roles yang terdapat pada Windows Server 2012 akan berfungsi maksimal jika disandingkan dengan clientWindows 8. Walaupun tetap bisa berfungsi dengan baik untuk Windows client versi sebelumnya, seperti Windows 7 dan Windows Vista, dan tentu saja beberapa roles seperti DHCP Server, Web Server IIS, DNS Server, bisa berfungsi untuk sistem operasi client lainnya.
Kebutuhan hardware untuk menginstall Windows Server agar berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:
– 1.4 GHz 64-bit processor
– 512 MB RAM atau lebih tinggi
– 32 GB Hard Disk
– DVD drive
– Super VGA (800 x 600) atau lebih tinggi.
– Keyboard and mouse
– Akses Internet
Kebutuhan hardware tersebut merupakan rekomendasi, dan sebenarnya dapat bervariasi sesuai dengan kepentingan anda menginstall Windows Server.


0 ulasan:

Catat Ulasan