WHAT'S NEW?
Loading...

SOP

PENGERTIAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR 
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksikerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai prosespenyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapanharus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedurmerupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugaspekerjaan sesuai dengan ungsi dan alat penilaian kinerja instansipemerintah berdasarkan indikator!indikator teknis, administrati danprosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerjapada unitkerja yang bersangkutan.".Manaat Standar Operasional Prosedur
sebagai standarisasi cara yang dilakukan pega#aidalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikantugasnya.
Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yangmungkin dilakukan oleh seorang pega#ai dalammelaksanakan tugas.
Meningkatkan e$siensi dan eekti%itas pelaksanaantugas dan tanggung ja#ab indi%idual pega#ai danorganisasi secara keseluruhan.
Membantu pega#ai menjadi lebih mandiri dan tidakbergantung pada inter%ensi manajemen, sehinggaakan mengurangi keterlibatan pimpinan dalampelaksanaan proses sehari!hari.
Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
Menciptakan ukuran standar kinerja yang akanmemberikan pega#ai cara konkrit untuk memperbaikikinerja serta membantu menge%aluasi usaha yangtelah dilakukan.
Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraanpemerintahan dapat berlangsung dalam berbagaisituasi.
Memberikan inormasi mengenai kuali$kasikompetensi yang harus dikuasai oleh pega#ai dalammelaksanakan tugasnya.
Memberikan inormasi dalam upaya peningkatankompetensi pega#ai.
Memberikan inormasi mengenai beban tugas yang


0 ulasan:

Catat Ulasan